Minggu, 10 September 2023

PENGGANTIAN MINYAK REM/ PEMBUANGAN UDARA PALSU

  Penggantian Minyak Rem/ Pembuangan Udara Palsu

Cakram rem atau kanvas rem yang kotor mengurangi daya pengereman. Buanglah kanvas rem yang terkontaminasi oleh minyak rem dan bersihkan cakram rem yang kotor dengan cairan pembersih rem berkualitas tinggi (brake degreasing agent). Jangan sampai  benda-benda asing memasuki sistem rem ketika sedang mengisi kotak minyak rem. Jaga agar minyak rem tidak tertumpah pada part yang dicat,terbuat dari plastik atau karet. Tutupilah part tersebut dengan lap bengkel yang bersih ketika sistem rem diservis.

a.         Mengeluarkan Minyak Rem

Letakkan sepeda motor pada standar tengah. Sebelum membuka tutup kotak minyak rem, putar stang kemudian sehingga kotak minyak rem sejajar dengan permukaan tanah. Lepaskan sekrup-sekrup, tutup kotak, plat dan membran. Sambungkan slang pembuangan ke katup pembuangan. Longgarkan katup pembuangan caliper dan pompalah handel rem sampai minyak rem tidak mengalir keluar lagi dari katup pembuangan. Tutup katup pembuangan.

Gambar 1 Kotak minyak rem

https://www.mobil123.com/berita/harga-minyak-rem-untuk-sepeda-motor-jangan-salah-pilih/66118


b.   Pengisian Minyak Rem/Pembuangan  Udara Palsu

Isi kotak minyak rem dengan minyak rem DOT 4 sampai ke tanda atas permukaan teratas. Perhatian jangan mencampur bermacam-macam merek minyak rem karena tidak cocok satu sama lainnya.

Gambar 2  Katup pembuangan

Modul Pemeliharaan sasis sepeda motor, 2013


c.  Hubungkan alat Brake Bleeder ke katup pembuangan Pompalah handel alat Brake Bleeder dan longgarkan katup pembuangan. Tambahkan minyak rem ketika tinggi permukaan minyak rem di dalam silinder utama turun.

Gambar 3 Brake bleeder

Modul Pemeliharaan sasis sepeda motor, 2013


CATATAN:

1)        Periksa tinggi permukaan minyak rem pada saat membuang udara palsu untuk mencegah agar udara tidak di pompa masuk ke dalam sistem.

2)  Ketika memakai alat pembuangan udara palsu, ikutilah instruksi pemakaian dari pabrik pembuatnya.

3)     Jika udara memasuki alat brake bleeder dari ulir katup pembuangan, balutlah ulir dengan pita teflon.

4)  Ulangilah prosedur tersebut di atas sampai tidak lagi ada gelembung-gelembung udara di dalam slang plastik.

 

d.  Tutup katup pembuangan dan mainkan handel rem.

Gambar 4 Katup pembuangan

Modul Pemeliharaan sasis sepeda motor, 2013

 

Jika terasa lunak, buang lagi udara palsu. Jika alat brake bleeder tidak tersedia, lakukan pembuangan udara palsu dengan cara berikut. Naikkan tekanan sistem dengan handel rem sampai tidak ada lagi gelembung-gelembung udara di dalam minyak rem yang mengalir keluar dari lubang kecil di dalam kotak minyak rem dan terasa ada tahanan pada handel rem. Sambungkan slang pembuangan pada katup pembuangan dan buang udara palsu sebagai berikut:

1)    Tarik dan tahan  handel rem, kemudian buka katup pembuangan sebanyak ½ putaran dan tutuplah katup kembali.

2)  Lepaskan handel rem perlahan-lahan dan setelah mencapai ujung pergerakannya tunggu beberapa detik.

Ulangi langkah 1 dan 2 sampai tidak ada lagi gelembung-gelembung udara yang muncul pada slang pembuangan. Kencangkan katup pembuangan. Torsi : 0,6 Kg.m

 

e.   Isilah kotak minyak rem dengan minyak rem DOT 4 sampai tanda batas permukaan tertinggi. Pasang kembali membran, plat dan tutup kotak minyak rem, dan kencangkan sekrup-sekrup topi kotak minyak rem. Torsi : 0,2 kg.m.

Gambar 5 Batas permukaan tertinggi

Modul Pemeliharaan sasis sepeda motor, 2013



Sumber video
https://youtu.be/FYsWvzT2-2s?si=Y_FKKUGNJTzF4uiR


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PETA KONSEP