Penggantian Minyak Rem/ Pembuangan Udara Palsu
Cakram
rem atau kanvas rem yang kotor mengurangi daya pengereman. Buanglah kanvas rem
yang terkontaminasi oleh minyak rem dan bersihkan cakram rem yang kotor dengan
cairan pembersih rem berkualitas tinggi (brake
degreasing agent). Jangan sampai
benda-benda asing memasuki sistem rem ketika sedang mengisi kotak minyak
rem. Jaga agar minyak rem tidak tertumpah pada part yang dicat,terbuat dari
plastik atau karet. Tutupilah part tersebut dengan lap bengkel yang bersih
ketika sistem rem diservis.
a.
Mengeluarkan
Minyak Rem
Letakkan
sepeda motor pada standar tengah. Sebelum membuka tutup kotak minyak rem, putar
stang kemudian sehingga kotak minyak rem sejajar dengan permukaan tanah.
Lepaskan sekrup-sekrup, tutup kotak, plat dan membran. Sambungkan slang pembuangan
ke katup pembuangan. Longgarkan katup pembuangan caliper dan pompalah handel rem sampai minyak rem tidak mengalir
keluar lagi dari katup pembuangan. Tutup katup pembuangan.
https://www.mobil123.com/berita/harga-minyak-rem-untuk-sepeda-motor-jangan-salah-pilih/66118
b. Pengisian
Minyak Rem/Pembuangan Udara Palsu
Isi
kotak minyak rem dengan minyak rem DOT 4 sampai ke tanda atas permukaan
teratas. Perhatian jangan mencampur bermacam-macam merek minyak rem karena tidak
cocok satu sama lainnya.
Gambar 2 Katup pembuangan
Modul Pemeliharaan sasis sepeda motor, 2013
c. Hubungkan alat Brake Bleeder ke katup pembuangan Pompalah handel alat Brake Bleeder dan longgarkan katup
pembuangan. Tambahkan minyak rem ketika tinggi permukaan minyak rem di dalam
silinder utama turun.
Modul Pemeliharaan sasis sepeda motor, 2013
CATATAN:
1)
Periksa tinggi permukaan
minyak rem pada saat membuang udara palsu untuk mencegah agar udara tidak di
pompa masuk ke dalam sistem.
2) Ketika memakai alat
pembuangan udara palsu, ikutilah instruksi pemakaian dari pabrik pembuatnya.
3) Jika udara memasuki alat brake bleeder dari ulir katup
pembuangan, balutlah ulir dengan pita teflon.
4) Ulangilah prosedur tersebut
di atas sampai tidak lagi ada gelembung-gelembung udara di dalam slang plastik.
d. Tutup katup pembuangan dan mainkan handel rem.
Modul Pemeliharaan sasis sepeda motor, 2013
Jika terasa lunak, buang lagi udara
palsu. Jika alat brake bleeder tidak tersedia,
lakukan pembuangan udara palsu dengan cara berikut. Naikkan tekanan sistem
dengan handel rem sampai tidak ada lagi gelembung-gelembung udara di dalam
minyak rem yang mengalir keluar dari lubang kecil di dalam kotak minyak rem dan
terasa ada tahanan pada handel rem. Sambungkan slang pembuangan pada katup
pembuangan dan buang udara palsu sebagai berikut:
1) Tarik dan tahan handel rem, kemudian buka katup pembuangan
sebanyak ½ putaran dan tutuplah katup kembali.
2) Lepaskan handel rem perlahan-lahan dan
setelah mencapai ujung pergerakannya tunggu beberapa detik.
Ulangi
langkah 1 dan 2 sampai tidak ada lagi gelembung-gelembung udara yang muncul
pada slang pembuangan. Kencangkan katup pembuangan. Torsi : 0,6 Kg.m
e. Isilah kotak minyak rem dengan minyak
rem DOT 4 sampai tanda batas permukaan tertinggi. Pasang kembali membran, plat
dan tutup kotak minyak rem, dan kencangkan sekrup-sekrup topi kotak minyak rem.
Torsi : 0,2 kg.m.
Modul Pemeliharaan sasis sepeda motor, 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar