a.
Penggantian Kampas Rem
https://www.google.com/search?q=kanpas+rem+&tbm=isch&ved=2ahUKEwjv7L_4zNqCAxXVoOkKHSxCCDAQ2-cCegQIABAD&oq=kanpas+rem+&gs_lcp=ChJtb2JpbGUtZ3dzLXdpei1pbWcQAzIHCCMQsAIQJzIHCAAQgAQQDTIHCAAQgAQQDTIHCAAQgAQQDTIHCAAQgAQQDToNCAAQgAQQigUQsQMQQzoKCAAQgAQQigUQQzoHCCMQ6gIQJzoECCMQJzoECAAQAzoICAAQgAQQsQM6BQgAEIAEOgQIABAeOgkIABCABBAYEApQ4BpYtS1gnEloAnAAeACAAZQBiAG2C5IBBDEuMTGYAQCgAQGwAQXAAQE&sclient=mobile-gws-wiz-img&ei=x4VfZa_tINXBpgeshKGAAw&bih=838&biw=461&client=ms-android-oppo&prmd=ivbn&hl=id#imgrc=gCeFwTiCbL1Q2M
1) Lepaskan
penutup pin kanvas (pad pin plug)
dari caliper. Longgarkan pin kanvas rem. Lepaskan baut-baut pemasangan caliper
dan lepaskan caliper dari garpu
depan.
https://www.harapanrakyat.com/2021/06/ciri-kampas-rem-depan-motor-habis/
2) Tekan piston caliper penuh ke dalam untuk memperoleh ruangan untuk
pemasangan kanvas rem yang baru. Periksa tinggi permukaan minyak rem dalam
kotak minyak rem sebab tindakan di atas menyebabkan permukaan minyak rem
naik
3) Lepaskan pin kanvas rem
sambil menekan kanvas rem terhadap pegas kanvas rem. Lepaskan kanvas rem.
Modul Pemeliharaan sasis sepeda motor, 2013
4) Pastikan bahwa pegas kanvas
rem dipasang pada posisi seperti tampak pada gambar.
5) Pasang kanvas rem baru. Pasang
pin kanvas rem sambil menekan kanvas rem terhadap pegas kanvas rem.
6) Pasang caliper pada garpu
sehingga posisi cakram rem berada di antara kanvas rem, hati-hati jangan sampai
merusak kanvas rem. Kencangkan baut-baut pemasangan caliper. (Torsi : 2,7 kg.m)
7) Kencangkan pin kanvas
rem (Torsi : 1,8 kg.m)
8) Pasang penutup pin kanvas
dan kencangkan (Torsi : 0,3 kg.m)
9) Permukaan gesek brake pad yang kotor
karena debu/terlihat mengkilap dapat dipergunakan kembali setelah dibersihkan
dengan cara diamplas. Jangan menggunakan tekanan udara ataupun sikat kering
untuk membersihkan rem, karena debu rem mengandung partikel-partikel yang
berbahaya bagi kesehatan. Brake pad
wajib diganti apabila:
a) Ketebalan kurang dari batas service yang
diijinkan.
b) Permukaan gesek brake pad terkena gemuk/oli pelumas.
a.
Pemeriksaan Cakram Rem
Periksa cakram terhadap
adanya kerusakan atau keretakan secara
visual. Ukur ketebalan ca¬kram rem pada beberapa titik. Batas Servis : 3,5 mm.
Gambar 7 Pemeriksaan Cakram Rem
Modul Pemeliharaan sasis sepeda motor, 2013
Periksa keolengan cakram
dengan terlebih dahulu memastikan bahwa bearing roda normal. Apabila keolengan
cakram melebihi limit, cakram harus diganti.
Gambar 8 Pemeriksaan Cakram Rem
Modul Pemeliharaan sasis sepeda motor, 2013
Perhatikan video di bawah ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar