Minggu, 10 September 2023

BRAKE PISTON.

 Sebuah besi bulat yang memanjang dan menekan brake pad ketika cairan hidrolik diterima dari silinder master. Cara Kerja rem cakram penggerak hidrolik:

a.         Sebelum bekerja.

b.        Tekanan minyak rem = 0.

c.         Pad tidak menyentuh piringan

 


Gambar 1 brake piston

Modul Pemeliharaan sasis sepeda motor, 2013

d.        Mulai bekerja

e.         Tekanan minyak rem bertambah

f.         Pad menyentuh piringan dengan ringan

g.        Gesekan kecil

h.        Tenaga pengereman kecil

 

Gambar 2 brake piston

Modul Pemeliharaan sasis sepeda motor, 2013

i.          Pada saat bekerja

j.          Tekanan minyak rem besar.

k.        Tekanan pad pada disk besar.

l.          Gesekan: besar.

m.      Gaya pengereman: besar

 

Gambar 3 brake piston

Modul Pemeliharaan sasis sepeda motor, 2013


n.        Bebas pengereman.

o.        Tekanan minyak rem = 0.

p.        Pad kembali pada posisi semula.

q.        Gaya pengeremen = 0

 

Gambar 4 brake piston

Modul Pemeliharaan sasis sepeda motor, 2013

Troubleshooting pada pengereman :

a.         Handel rem terasa kenyal

1) Ada udara palsu di dalam sistem hidraulik

2)      Ada kebocoran pada sistem hidraulik

3)      Kanvas rem/cakram rem kotor

4)      Sil piston caliper aus

5) Mangkuk-mangkuk piston silinder utama aus

6)      Kanvas rem/cakram rem aus

7)      Caliper kotor

8)      Caliper tidak bergeser dengan baik

9) Tinggi permukaan minyak terlalu rendah

10)    Saluran minyak rem tersumbat

11)    Cakram rem bengkok/berubah bentuk

12)    Piston caliper menyangkut/aus

13)    Piston silinder utama menyangkut/aus

14)    Silinder utama kotor

15)    Handel rem bengkok

 

b.        Handel rem terasa keras

1)        Piston caliper menyangkut/aus

2)        Caliper tidak bergeser dengan baik

3) Saluran minyak rem tersumbat/tertahan

4)      Piston silinder utama menyangkut/aus

5)      Handel rem bengkok

 

c.         Rem menyangkut

1)        Kanvas rem/cakram rem kotor

2)        Roda tidak terpasang dengan tepat

3)        Kanvas rem/cakram rem aus berlebihan

4)        Cakram rem bengkok/berubah bentuk

5)        Caliper tidak bergeser dengan benar

6)        Saluran minyak rem tersumbat

7)        Piston caliper tertahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PETA KONSEP