Minggu, 10 September 2023

KANVAS REM

Kampas rem terbuat dari bahan campuran asbes atau fiber glass, resinsintetis, bahan yang tahan terhadap gesekan dan bahan yang dapat menyerap panas. Campuran dibuat dalam cetakan dalam bentuk dan ukuran kampas rem yang direncanakan lalu dikeringkan pada suhu dan tekanan yang tinggi.

Jeis kampas rem ini dirancang untuk menahan tekanan dan temperatur yang tinggi saat rem bekerja. Untuk maksud ini, kampas rem harus mampu        menya­lurkan panas pada sepatu rem. Beberapa fiber glass yang dipakai sebagai bahan kampas rem adalah pengantar panas yang baik, sehingga untuk mengimbangi hal ini, partikel-partikel yang halus seperti seng (zinc), dapat dimasukkan dalam bahan kampas rem tersebut. Partikel-partikel logam adalah penghantar panas yang baik dan dengan demikian membantu untuk memindahkan panas dari permukaan kampas rem ke permukaan komponen yang lain. Pemasangan kampas rem pada sepatu rem dilakukan dengan dua cara, yaitu:

a.         Kampas Rem Dipasang dengan Perekat (Bonded Lining)

Kampas-kampas rem  ini disatukan (dipasangkan) pada sepatu rem dengan perekat (adhesive) yang dikeringkan dengan panas. Selama proses perekatan, bagian belakang kampas rem dan meja dari permukaan sepatu rem dilapisi dengan suatu perekat khusus.

Kampas rem dan sepatunya diklem (dijepit) bersama dan ditempatkan dalam sebuah oven untuk pemanasan dan perekatan. Setelah pemindahan dan pendinginan, lapisan diratakan setengah lingkaran agar sesuai dengan bentuk tromol rem.


Gambar 1 Bonded Lining

Modul Pemeliharaan sasis sepeda motor, 2013

 

b.        Kampas Rem Dipasang dengan Kelingan (Riveted Lining)

Kampas jenis ini disatukan dengan sepatu rem dengan sejumlah paku keling. Selama proses pemasangan menggunakan paku keling (rivet) agar kampas rem dan sepatu rem terjepit bersama.


Gambar 2 Riveted Lining

Modul Pemeliharaan sasis sepeda motor, 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PETA KONSEP